![]() |
Model Pembelajaran Card Sort |
Pengertian
sebelum kita membahas pengertian model pembelajaran card sort secara khusus, ada baiknya kita mengingat kembali pengertian model pembelajaran. Model pembelajaran adalah pola yang digunakan guru sebagai pedoman untuk merencanakan pembelajaran di kelas. Menurut Arends, model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pembelajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Berdasarkan pernyataan tersebut, model pembelajaran dapat kita definisikan sebagai kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Model pembelajaran card sort yang dapat kita artikan sebagai "sortir kartu"merupakan salah satu bentuk pembelajaran kolaboratif yang dapat diterapkan untuk mengajarkan konsep penggolongan, sifat, serta fakta tentang suatu obyek, atau mengulang informasi yang telah dipelajari sebelumnya. Dalam pembelajaran model card sort, gerakan fisik yang dilakukan siswa dapat membantu memberi energi pada kelas yang telah letih. Model pembelajaran ini dapat mengajak siswa untuk belajar aktif . tujuan pembelajaran adalah agar siswa mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar dan menumbuhkan daya kreativitas. Model pembelajaran card sort atau menyortir kartu ini adalah model pembelajaran yang cukup sederhana. Media pembelajaran yang digunakan yang terdiri dari kartu induk dan kartu rincian yang berisikan materi yang akan disampaikan pendidik kepada siswa/ peserta didik.
Langkah–langkah
Prosedur sistematis dalam melaksanakan pembelajaran dengan model card sort adalah:
- Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.
- Masing-masing kelompok diberi kartu induk dan kartu rincian berisi materi.
- Setiap kelompok ditugaskan untuk berusaha mengurutkan/ mengelompokkan kartu-kartu tadi berdasarkan kategori materi.
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil dari kerjasama kelompoknya di depan kelas.
- Siswa dengan bantuan guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Kelebihan dan kelemahan
Beberapa kelebihan model pembelajaran card sort antara lain:
- Dapat kembali mengarahkan siswa yang merasa penat pada pelajaran yang telah diberikan.
- Dapat membiasakan siswa untuk bekerjasama dan mengembangkan sikap saling menghargai dalam berpendapat.
- Prosedur pelaksanaannya sangat sederhana dan siswa tidak akan kesulitan dalam mengelompokkan pokok-pokok materi sehingga lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru.
Selain kelebihan, model pembelajaran ini juga mempunyai beberapa kelemahan, yakni:
- Dapat membuat siswa kurang aktif dalam berbicara atau menyimpulkan pendapat.
- Membutuhkan persiapan lebih, khususnya dalam menyiapkan media yang berupa kartu-kartu sebelum kegiatan berlangsung.
- Apabila guru kurang dapat mengendalikan kelas, suasana kelas akan menjadi gaduh.
Saksikan video di bawah ini agar Anda mendapatkan gambaran nyata bagaimana melaksanakan pembelajaran model sort card ini!
referensi:
Arends Richard I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,)
0 Komentar untuk " Model Pembelajaran Card Sort "